Tuhan mensyaratkan sebab untuk mengizinkan akibat, seburuk apa pun itu..
Tuhan mensyaratkan hanya dari sebab-sebab mengkorupsikan, (yang kita biarkan), maka Dia mengizinkan hamba-hambaNya melakukan korupsi.
Lalu untuk memperbaikinya, kita disyaratkan mengkondisikan sebab-sebab (sistem anti korupsi), maka perilaku korupsi itu Dia izinkan bisa kita kurangi sedikit demi sedikit. Tak usah seketika, atau sontak dengan hukuman mati. Karena kasihan mereka melakukan korupsi di saat kita gagal mengkondisikan sistem yang anti korupsi, atau tidak pernah sadar akan hal itu. Memahami sebab-sebabnya untuk berproses memperbaikinya.
(Di Timur Fajar)

About Di Timur Fajar (DTF)

Aku andaikan mereka dan mereka andaikan aku. Cobalah berempati: merasakan berada pada posisi mereka, maka akan banyak yang bisa kita mengerti dan pahami tentang mereka, tentang kesalahan mereka. Karena kenyataan tidak pernah salah. Tuhan menghadiahi kita akal, bahwa ada kausalitas dalam setiap persoalan. Maka pandai-pandailah menguraikannya." Jadilah diri sendiri namun tak ada salahnya Anda(i) coba berempati dalam posisi orang lain. ( Di Timur Fajar / DTF )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s