Sistem?
Saya suka menggunakan istilah ini, tapi mungkin salah dimaknai bagi yang membacanya.
Ada salah kaprah (menurut saya begitu), sistem adalah aturan, undang-undang, semata itu.
Jadi kalau sistemnya tidak baik, dimaksudkan aturannya, undang-undangnya gak benar.
Sering terucap, sistemnya sih sudah baik, manusianya saja yang gak benar. Itu menunjukkan sistem yang kita maksud: aturannya sudah baik, manusianya saja yang gak beres.
Padahal sistem dalam makna yang saya pikir benar, adalah satu kondisi yang saling bertaut satu unsur dengan unsur lainnya dalam pencapaian atau terlantarnya suatu tujuan.

test

Saling bersinergi


Aturan sebagai sebuah unsur yang dibuat manusia, sementara manusia sebagai unsur pelaksananya, lalu ada kondisi di mana sistem jalan kalau aturan itu direncanakan dan difollow-up pelaksanaannya. Kalau dikatakan manusianya gak beres, padahal sub sistem (unsur) aturannya sudah baik, maka sistemnya boleh dikata belum baik, karena tidak mampu menghadirkan sinergitas antara aturan dan pembuatnya.
(Di Timur Fajar)

About Di Timur Fajar (DTF)

Aku andaikan mereka dan mereka andaikan aku. Cobalah berempati: merasakan berada pada posisi mereka, maka akan banyak yang bisa kita mengerti dan pahami tentang mereka, tentang kesalahan mereka. Karena kenyataan tidak pernah salah. Tuhan menghadiahi kita akal, bahwa ada kausalitas dalam setiap persoalan. Maka pandai-pandailah menguraikannya." Jadilah diri sendiri namun tak ada salahnya Anda(i) coba berempati dalam posisi orang lain. ( Di Timur Fajar / DTF )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s