(Siapa tahu saya salah, tolong dikoreksi)
Beberapa nasehat yang perlu didaur ulang. Hasilnya bisa seperti berikut ini:
“Siapa bilang kita tidak boleh mengatur orang, kalau dengan aturan itu kita rencanakan sekali waktu dia bisa mengatur dirinya sendiri.”
* * *
“Siapa bilang kita tidak boleh mengurus orang, kalau dengan urusan itu kita rencanakan sekali waktu dia bisa mengurus dirinya sendiri.”
* * *
“Siapa bilang kita tidak boleh mengubah orang, kalau dengan perubahan dari kita itu rencananya sekali waktu dia bisa mengubah dirinya sendiri.”
* * *
“Siapa bilang kita tidak boleh mendidik, (ah sekalian saja), tidak boleh mendidik, membentuk, mencampuri. . . apa lagi? Masuk campur urusan orang, kalau rencananya dengan didikan, bentukan, campur.. sari kita itu, dia sekali waktu sudah bisa mendidik, membentuk, serta… bikin gado-gado, tinutuan *) sendiri.
* * *
Di Timur Fajar)
Red *) Tinutuan: gado-gadonya orang Manado.

About Di Timur Fajar (DTF)

Aku andaikan mereka dan mereka andaikan aku. Cobalah berempati: merasakan berada pada posisi mereka, maka akan banyak yang bisa kita mengerti dan pahami tentang mereka, tentang kesalahan mereka. Karena kenyataan tidak pernah salah. Tuhan menghadiahi kita akal, bahwa ada kausalitas dalam setiap persoalan. Maka pandai-pandailah menguraikannya." Jadilah diri sendiri namun tak ada salahnya Anda(i) coba berempati dalam posisi orang lain. ( Di Timur Fajar / DTF )

2 responses »

  1. Assalaamu’alaikum wr.wb, DTF…

    Saya yakin, apa yang ditulis DTF di atas itu sudah dilaksanakan sendiri dan sudah melihat hasilnya, bukan ? Jika tidak tentu tidak sewenangnya berani menyatakan siapa bilang tidak boleh itu ini seperti di atas. Saya setuju, semuanya boleh kita lakukan seandainya kita yakin, percaya dan berani untuk merealisasikannya. Coba tampilkan buktinya kalau ada yang bilang tidak boleh. Bagi saya yang tidak boleh hanya kerana sudah berputus asa dan tidak mahu berusaha. Itu sahaja alasannya.

    Salam sejahtera dari Sarikei, Sarawak. 😀

    • Waalaikum sala war.wab. Mbak Siti.
      Apa kabar?
      Lama nian tak sempatkan diri menjenguk lapak ini.
      Hilang atau lupa pasword serta sibuk yang jadi alasannya.
      Soal pikiran saya tersebut di atas, saya hanya coba memperbaikii anggapan kita selama ini, ada yang bisa dikoreksi di situ.
      Terima kasih atas sempatnya menyambangi blog saya. Semoga terus diberi kelapangan pikiran dan kesempatan yang seluas-luasnya dalam beramal serta beramar ma’ruf, nahi mungkar.
      Salam sejahtera dari Indonesia. 🙂
      .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s